Ayam Pop Yohanes Chandra Ekajaya Khas Minang


Salah satu masakan citarasa nusantara yang sehat dari tanah Minang  dengan bahan dasar olahan daging ayam tanpa kulit ayam pop namanya. Yohanes Chandra Ekajaya mencicipi hidangan ini ketika berkunjung kerumah saudara di tanah Minang.
Yohanes Chandra Ekajaya

Dengan sambal khas ayam pop akan sangat nikmat disajikan beserta lalapan daun singkong rebus dan irisan mentimun besama nasi putih yang hangat. Pada kesempatan kali ini Yohanes Chandra Ekajaya berbagi resep membuat ayam pop, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan beserta caranaya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam pop:
·      Paha dan dada ayam kampung dari 1 ekor ayam cuci bersih lalu buang kulitnya.
·      2 sendok teh air perasan jeruk nipis
·      1 batang serai memarkan
·      5 siung bawang putih haluskan
·      500 ml air
·      1 sendok teh garam
·      2 sendok makan minyam sayur
·      Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan sambal pelengkap ayam pop:
·      2 buah tomat masak
·      10 buah cabai merah keriting
·      10 buah cabai rawit
·      1 sendok teh garam
·      4 siung bawang putih
·      2 sendok makan air

Cara membuat ayam pop beserta sambalnya:
1.     Lumuri daging ayam yang sudah dibuang kulitnya dengan air perasan jeruk nipis diamkan selama 5 menti kemudian lumuri kembali dengan bawang putih yang sudah dihaluskan yang sudah dicampur dengan garam diamkan selama 10 menit.
2.     Panaskan panci  masukkan serai, ayam yang sudah dilumuri bumbu kemudian tuangkan air kemudian rebus dengan panci tertutup hingga lunak kemudian angkat dan tiriskan.
3.     Panasi minya goreng dengan nyala api sedang kemudian goreng ayam kurang lebih 5 menit dengan minyak yang cukup banyak dan panas kemudian angkat dan tiriskan.
4.     Rebus semua bahan sambal kecuali garam sampai matang angkat haluskan dengan 1 sendok makan air rebusan cabai.
5.     Ayam pop siap untuk disajikan dengan sambalnya.

Mudah bukan cara memasak ayam pop Yohanes Chandra Ekajaya , semoga tulisan ini dapat menjadi refrensi para pembaca sekalian dalam membaut hidangan dengan bahan dasar daging ayam kampung yang tidak kalah lezatnya dengan restauran yang menyediakan menu sajian ayam pop dan yang pasti anda tidak perlu jauh-jauh ke tanah minang untuk mencicipi kelezatan ayam pop.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment