Tahu Bakso Yohanes Chandra Ekajaya


Tahu bakso adalah salah satu makanan khas Semarang yang mempunyai cita rasa tersendiri dengan tahunya yang empuk dan rasa baksonya begitu berasa. Yohanes Chandra Ekajaya adalah salah satu pengusaha tahu bakso yang cukup sukses di daerahnya di Semarang. Tahu buatannya cukup terkenal di nusantara dan bahkan setiap orang yang berkunjung ke Semarang menyempatkan mampir untuk menikmati di tempat dan membungkusnya sebagai oleh-oleh.

Yohanes Chandra Ekajaya


Pada kesempatan kali ini Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya akan sedikit berbagi resep sederhana membuat Tahu Bakso yang enak  yang dapat anda sajikan disaat ada tamu maupun sebagai teman minum teh ataupun kopi disore hari. Berikut ini bahan-bahan beserta langkah-langkahnya membuat tahu bakso:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu bakso:
·      Tahu yang berbentuk segitiga sebanyak 25 buah
·      Merica butiran sebanyak 2 sendok teh
·      Bawang putih 6 siung
·      Bawang merah 10 siung
·      Daging sapi yang sudah digiling sebanyak 500 gram
·      Telur ayam 4 butir
·      Tepung sagu sebanyak 500 gram
·      Irisan daun bawang secukupnya
·      Garam secukupnya
·      Bumbu penyedap rasa sapi secukupnya
·      Minyak goreng secukupnya
·      Air untuk merebus secukupnya

Langkah-langkah membuat tahu bakso:
1.     Haluskan bawang merah, bawang putih dan merica hingga menjadi halus kemudian capur dengan daging sapi, telur dan tepung sagu aduk hingga bercampur merata.
2.     Tambahkan irisan daun bawang, garam dan bumbu penyedap rasa sapi  kemudian aduk hingga merata menjadi adonan bakso.
3.     Kerok pada bagian tengah tahu kemudian masukkan adonan bakso kedalamnya hingga  adonan bakso habis.
4.     Masak air hingga mendidih kemudian rebus tahu hingga benar-benar matang. Tahu akan mengapung ketika sudah matang kemudian angkat dan tiriskan.
5.     Panasi minyak goreng yang cukup banyak kemudian goreng tahu dengan api sedang hingga matang kemudian angkat lalu tiriskan.
6.     Tau bakso sudah siap untuk disajikan di sanding dengan cabai rawite sebagai pelengkap.

Demikian cara membuat tahu bakso Yohanes Chandra Ekajaya semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang ingin mencicipi tahu bakso tanpa harus berkunjung ke Semarang.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment