Yohanes Chandra: Lelaki yang Orbitkan Tas Kulit

Yohanes Chandra: Lelaki yang Orbitkan Tas Kulit
Mengamati bahwa bisnis fashion tengah memiliki peluang yang cukup lebar, hal tersebut dapat memancing ide untuk memulai bisnis yang dibutuhkan dalam kehidupan nyata. Itulah yang dialami oleh Yohanes Chandra Eka yang kini mengorbitkan bisnis tas dengan merek Pluto. Ide bisnis produksi tas kuli tersebut dimulainya pada tahun 2013, dan ternyata mendapatkan respon positif dari para pelanggan.
Yohanes Chandra Ekajaya pun memulainya dapat dibilang hanya sekadar iseng belaka. Awalnya, ia membeli tas kulit custom tanpa merek yang sudah jadi, lalu ia pun memasarkan tas tersebut ke beberapa kerabat dan media sosial. Setahun berjalan, akhirnya ia pun tergerak untuk mencari tempat memproduksi sendiri dan saat itulah diberi nama Pluto.
Di tahun pertama, Yohanes Chandra Ekaja banyak belajar tentang proses, pasar, dan bahan kulit. Dari sisi pemasara, produk-produk tas dengan gaya modern dan elegan, produk dari Pluto justru diminati oleh para orang tua ataupun anak muda. Produknya pun memiliki rentang harga sekitar Rp 450 ribu hingga Rp 3 juta rupiah.
Kini, pasar Pluto telah masuk ke beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, dan sebagainya. Selain itu, ia pun berharap produk-produk dari Pluto dapat menembus pasar luar negeri. Berawal dari modal Rp 1 Juta, kini Pluto dapat menghabiskan 1500 feet bahan baku kulit tiap bulannya. Pemesanannya pun berkisar antara 100-200 tas per bulan dan kebanyakan konsumennya pun merupakan pembeli tas pria. Meski masih merintis dan memasarkan produk via online, nantinya Pluto berencana ingin membuat gerai dan terus mengembang produk agar memiliki kualitas yang tinggi. Kedua upaya tersebut adalah bukti kepeduliannya dalam menjaga kepercayaan konsumen.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
13 Februari 2017 00.47 ×

bagus banget tas kulitnya. dapat salam dari Tas Kulit Abrasae kakak

Congrats bro Jual Tas Tas Kulit Abrasae you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment