Di Balik Cerita Kesuksesan Jahe Merah, Yohanes Chandra


Di Balik Cerita Kesuksesan Jahe Merah, Yohanes Chandra
Sempat mendapatkan pertentangan dengan orang tuanya karena memilih untuk menjadi seorang pengusaha adalah awal dari cerita sukses Yohanes Chandra Eka dalam melakoni sebagai seorang pengusaha. Gagal menyelesaikan studinya di salah satu perguruan tinggi swasta Kota Semarang Jawa Tengah membuatnya harus menjadi pengangguran selama lebih dari dua tahun.
Hinga pada bulan Oktober 2013, pria kelahiran Malang ini meyakini bahwa dunia bisnis adalah passionya, ia pun kemudian mengikuti sebuah pelatihan bisnis yang diselenggarakan di salah satu kampus negeri di Semarang. Saat itu, Yohanes Chandra Ekajaya menjadi peserta untuk pengenalan internet yang disponsori oleh salah satu produk makanan di Indonesia. Usai mengikuti acara tersebut, semangat untuk berwirausahanya pun terus tumbuh hingga ia menemukan peluang bisnisnya sebagai penjual jamur merah.
Meski kini YohanesChandra Ekajaya dikenal sebagai pebisnis sukses, ia pun mengawali bisnisnya dengan modal yang sangat minim. Dengan modal senilai Rp 1 juta rupiah, ia kemudian mengembangkan bibit jahe merah. Namun, sebulan melakoni bisnisnya tersebut, hasilnya pun gagal. Namun, ia tak sedikitpun patah arang, ia justru semakin termotivasi untuk meraih kesuksesan. Akhirnya, ia pun pergi ke beberapa perpustakaan daerah hanya untuk mencari buku-buku menanam bibit jahe merah, termasuk dengan mencari artikel terkait budidaya jahe merah lewat internet.
Setelah menemui banyak kegagalan, akhirnya ia pun merasakan keberhasilan dalam memproduksi jahe merah berkualitas. Akhirnya ia pun memasarkan hasil alam tersebut via internet. Kini lewat penjualan jahe merah yang efektif, ia telah mendapatkan omzet setiap bulannya sebesar Rp 7-9 juta.
Berkat komitmen dan disiplinnya yang tinggi, Yohanes Chandra Ekajaya tak berpuas diri dengan keberhasilannya tersebut. Ia pun berinisiatif untuk memasarkan hasil alamnya tersebut ke luar negeri. Baginya, dengan dibukanya lebar-lebar akses informasi, ia meyakini dapat menembus pasar global sebagai penyetok jahe merah di Indonesia. Kini kesuksesan demi kesuksesan telah berhasil diraihnya, dimana ia menceritakan bahwa kunci dari keberhasilan adalah melewati kegagalan dengan cara yang lebih dewasa.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment